IAE Studi Luar Negeri – Kedokteran NEW ZEALAND

 

IAE Studi Luar Negeri – IELTS Sebagai syarat di Negara NZ

Izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai kesempatan bekerja / praktek sebagai dokter di New Zealand (NZ) dengan mengikuti program USMLE (United States Medical Licensing Examination).

INTRODUCTION

USMLE adalah salah satu bentuk ujian / tes formal kedokteran yang diakui oleh pemerintah NZ, dalam hal ini oleh Medical Council NZ. Program ini juga terbuka bagi dokter lulusan dari Indonesia yang ingin berkarir menjadi Dokter di NZ.

USMLE sendiri pada awalnya dikembangkan oleh Medical Council di USA dan menjadi satu-satu nya jalan bagi dokter asing yang ingin berkarir di USA. Sejak tahun 2008 kemarin, Medical Council NZ mengadopsi / mengakui program USMLE untuk diterapkan di New Zealand.

About USMLE

USMLE terdiri atas 4 step yakni Step 1, Step2CK, Step 2CS, dan Step 3. Untuk di USA, dokter asing harus menempuh ke-4 step tersebut, sedangkan di NZ dokter asing hanya perlu menempuh 2 step saja yakni Step 1 dan Step 2CK. Setelah Dokter dianggap lulus / melampaui passing grade dari masing-masing test tersebut, maka Dokter akan mengikuti final test dari Medical Council NZ yang dinamakan NZREX (New Zealand Registration Examination). Untuk dapat mengikuti NZREX tersebut, seorang Dokter  harus lulus / PASS test USMLE Step 1 dan Step 2CK.

Untuk mempersiapkan Dokter asal Indonesia sukses dalam mengikuti test USMLE Step 1 dan Step 2CK, sebuah institusi pendidikan di New Zealand yang bernama Kaplan International College (yang berada di bawah pengawasan Kaplan Medical USA) memberikan / menawarkan program USMLE-Preparation. Program persiapan (USMLE Preparation) ini berdurasi 1 tahun (bisa juga lebih cepat, tergantung pada tingkat kesiapan Dokter untuk mengikuti test USMLE). Lokasi Kaplan di NZ tersedia di Auckland dan Christchurch.

Setelah melewati semua tahapan yang ada (USMLE Step 1, Step 2CK, dan NZREX), maka dokter akan mengikuti Internship / magang dimana Dokter akan ditempatkan di salah satu Hospital di NZ. Total durasi Internship ini selama 1 tahun, serta mendapat salary (paid internship).

Setelah menyelesaikan Internship, Dokter akan dinilai secara menyeluruh oleh team Medical Council NZ, dan apabila dianggap qualified, maka Dokter sudah bisa mendapatkan registrasi (Registered Doctor) dan dapat bekerja sebgagai General Practitioner (GP) di NZ. Jadi dengan kata lain, untuk menyelesaikan semua tahapan-tahapan yang ada, kurang lebih selama 2 tahun sejak berangkat dari Indonesia.

Kisaran biaya yang dibutuhkan untuk keseluruhan, kurang lebih sekitar Rp. 200 Juta, (sudah termasuk tempat tinggal, konsumsi, transport, biaya student visa, biaya USMLE Preparation di Kaplan, biaya-biaya test yang meliputi test Step 1, test Step 2 CK, dan test, NZREX, & biaya lain-lain nya).

IAE Studi Luar Negeri – IELTS Sebagai syarat di Negara NZ

Requirements

Persyaratan yang dibutuhkan hanya 2 yakni:

  1. Lulus program Sarjana Kedokteran di Indonesia dan telah menyelesaikan kerja praktek / magang (co-As) selama 2 tahun yang ditandai oleh kepemilikan sertifikat profesi Dokter. Juga, pastikan universitas tempat Anda kuliah kedokteran terdaftar dalam: https://imed.faimer.org/
  2. Memiliki nilai kemampuan bahasa Inggris IELTS 6,0 ATAU mencapai passing grade dari Internal English Placement Test dari Kaplan.

IAE Studi Luar Negeri – IELTS Sebagai syarat di Negara NZ

Kantor PASKAL HYPER SQUARE – BANDUNG

Twitter : KonsulpendLN

Facebook : iaeindonesia

 

Leave a comment

Filed under IELTS, Konsultan Pendidikan, Studi Luar Negeri, TOEFL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s