IAE Konsultan Studi Luar Negeri – Pertimbangan Memilih Universitas

IAE Konsultan Studi Luar Negeri

Sebelum memutuskan untuk memasukkan anak ke perguruan tinggi, pertimbangan pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana kondisi penyerapan tenaga kerja / apa saja bidang yang banyak dibutuhkan saat ini,  dibanding harus membuang-buang uang untuk universitas yang lulusannya terbengkalai dan harus menganggur lama. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita juga harus dibekali dengan wawasan yang cukup mengenai jenis-jenis lapangan kerja yang tersedia.

Setiap hari, terdapat ribuan informasi lowongan pekerjaan yang tertulis di surat kabar. Sementara pada waktu yang bersamaan, semakin meningkat pula angka pengangguran saat ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah karena telah terjadi ketidaksesuaian antara program-program studi yang ditawarkan suatu universitas dengan bidang-bidang apa saja yang sebenarnya sedang dibutuhkan dalam dunia kerja.

IAE Konsultan Studi Luar Negeri

Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum memasukkan anaknya ke jenjang perkuliahan/pendidikan tinggi adalah sebagai berikut

1.                   Menemukan jenis-jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anak (pengetahuan, keahlian, bakat, pengalaman terhadap bidang tersebut).

Oleh karena itu, yang harus dilakukan adalah memilih jurusan yang sesuai dengan minat anak dan juga keadaan finansial orang tua. Nilai anak di jenjang  SMA bisa dijadikan acuan, mana mata pelajaran yang dia kuasai dengan nilai memuaskan dan mana yang kurang dia kuasai. Sebagai contoh, jika nilai anak menonjol di bidang sains, maka mungkin anak itu cocok untuk masuk jurusan MIPA. Jika menonjol di bidang sosial, maka anak tersebut mungkin akan cocok masuk jurusan sosial-politik atau komunikasi, dsb. Cth: jurusan fashion design atau food technology.

2.                   Memilih universitas yang mempunyai kerja sama dengan universitas di luar negeri.

Hal ini membuka kemungkinan yang besar akan program  pertukaran pelajar, kesempatan dual-degree (gelar ganda), akreditasi universitas dengan level internasional, akses terhadap industri global sekaligus kesempatan besar kerja di luar. Cth: MIBT bekerja sama dengan Deakin University.

3.                   Memilih universitas yang sudah mempunyai jaringan atau menjalin kerja sama dengan  sektor-sektor perusahaan swasta.

Banyak universitas yang sedang meningkatkan kerja sama dengan sektor industri, dibuktikan dengan berkembangnya program magang di berbagai perusahaan swasta.  Lebih baik lagi jika mendaftar pada universitas yang bisa menyalurkan langsung lulusan-lulusan terbaiknya ke perusahaan-perusahaan. Sebagai contoh, jika anak daftar ke Fakultas Kedokteran, pastikan universitas tersebut mempunyai jaringan dengan rumah sakit. Ini bukan saja bertujuan untuk memastikan anak dapat mempraktekan langsung apa yang mereka peroleh di materi perkuliahan, namun juga anak tersebut akan bisa bekerja di rumah sakit tersebut kelak ketika mereka lulus. Di Jakarta, Fakultas Kedokteran UKI bekerja sama dengan Rumah Sakit UKI, Universitas Pelita harapan dengan Rumah Sakit Siloam, atau Universitas Atmajaya dengan Rumah Sakit Santa Carolus, dan University of Technology Sydney di Australia.

4.                   Memilih kampus yang secara intensif menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasinya.

Anak kemungkinan akan menemui kesulitan untuk bersaing di dunia kerja jika mereka kurang menguasai bahasa Inggris dengan baik. Hindari kelulusan dengan nilai bahasa Inggris yang minim, jika tidak ingin lamaran diabaikan oleh perusahaan. Saat ini, bahasa Inggris dibutuhkan tidak hanya dalam kemampuan pasif, namun juga aktif. Cth: Kaplan International College.

Kesimpulannya, jangan sampai anak memilih program studi yang sudah lulusannya over-supply, untuk menghindari kemungkinan menganggur.

Source: Campus Magazine, by Dian Sasmita

Other Source taken : http://www.iaebdg.wordpress.com

Keterangan lebih lanjut bisa hubungi:

IAE Konsultan Studi Luar Negeri

Paskal Hyper Square B / 27

Jl. Pasir Kaliki no. 25-27 BDG

Telp. 022-86060625

E-mail: bandung@iae-indonesia.com

Twitter: @KonsulPendLN

Leave a comment

Filed under IELTS, Konsultan Pendidikan, SAT, Studi Luar Negeri, Test IELTS GRATIS, TOEFL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s